dinpmd.bojonegorokab.go.id - Dalam rangka optimalisasi dan agenda tugas-tugas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Rapat Koordinasi TPP P3MD Bulan Juli Tahun 2023 pada Rabu (26/07/2023).

Bertempat di Aula Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Jl. Panglima Sudirman No. 161 Bojonegoro, kegiatan Rakoor yang dilaksanakan rutin setiap bulan ini diikuti oleh 5 orang Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPM), 71 Pendamping Desa (PD) dan 91 orang Pendamping Lokal Desa (PLD) Se-Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin, AP, MM. dalam sambutan pengarahannya, menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh TPP P3MD Kabupaten Bojonegoro yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Bojonegoro yang bebas dari Desa Berkembang dan harapannya kedepan akan semakin banyak Desa berstatus Mandiri.

"Terimakasih atas capaian 262 Desa Mandiri di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2023, terbukti bahwa program Pemkab Bojonegoro benar-benar dirasakan manfaatnya oleh Desa, dan itu tidak lepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Pendamping Desa" ucapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa imbas dari UU Desa yang salah satunya mengamanahkan TPP P3MD untuk mengawal Dana Desa, namun selain itu diharapkan Pendamping Desa juga turut mendampingi Desa dalam mengawal Siklus Desa setiap bulannya dan tidak hanya mengawasi saja.

"Saya berharap Teman-teman semua tetap menjadi Pendamping yang baik, artinya benar-benar mendampingi dan mengajari Desa bukan hanya mengawasi, kita tahu ini permasalahannya dan ini solusinya" tegasnya.

Sebagaimana diketahui, capaian IDM Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022 adalah 155 Desa berstatus Mandiri, 251 Desa berstatus Maju dan 13 Desa berstatus Berkembang, dan di Tahun 2023 ini capaian IDM Kabupaten Bojonegoro meningkat drastis dengan Desa berstatus Mandiri sejumlah 262 Desa, Desa berstatus Maju sebanyak 157 Desa dan sudah tidak ada lagi Desa Berkembang. [admin]


By Admin
Dibuat tanggal 26-07-2023
281 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %