SURABAYA - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Desa di Kabupaten Bojonegoro, yaitu penghargaan sebagai Terbaik Harapan II Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Se-Jawa Timur yang diraih oleh BUM Desa Sarana Mandiri Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo yang sebelumnya diketahui masuk dalam 12 Besar penilaian lapangan maupun presentasi oleh Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur pada bulan Juni lalu. Hal ini berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/571/KPTS/013/2022 Tentang Pemenang Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Bertempat di Hotel Harris & Conventions Gubeng Surabaya, acara pengumuman dan penyerahan penghargaan dirangkai dengan temu karya pemenang lomba provinsi Jawa Timur tahun 2022. Turut hadir dalam acara ini yaitu Kepala Desa Pejambon beserta Tim Pengelola BUM Desa Sarana Mandiri yang didampingi oleh Dinas PMD Kab. Bojonegoro pada Selasa (16/08/2022)

Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Soekaryo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang telah hadir serta memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada sumber daya manusia unggulan dari berbagai desa di provinsi Jawa Timur, yaitu perwakilan pemenang empat lomba besar tingkat Jawa Timur.

"Tahun 2022 merupakan tahun optimisme Jawa Timur untuk bangkit, membangun kembali sektorsektor yang terdampak pandemi covid-19. saatnya Jawa Timur bangkit dalam pemulihan ekonomi, pembangunan manusia, penyediaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan" ucapnya.

ia mengatakan bahwa capaian prestasi yang diraih oleh provinsi JawaTimur tentunya juga merupakan hasil kontribusi kinerja dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder, yaitu Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, Lembaga Ekonomi Desa, dan Masyarakat.

Masih dalam sambutannya, bahwa upaya pembinaan dan evaluasi kinerja, Pemprov Jatim telah melaksanakan serangkaian lomba, salah satunya yaitu lomba BUM Desa yang dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi positif kepada BUM Desa sebagai lembaga penguatan ekonomi desa yang harapannya dapat meningkatkan semangat untuk terus berinovasi demi terciptanya kesejahteraan masyarakat di perdesaan.

"Dengan adanya lomba BUM Desa ini diharapkan BUM Desa lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan mengembangkan ide-ide kreatif agar produk atau unit usaha yang dikembangkan BUM Desa dapat terus bersaing di era digital yang saat ini pertumbuhannya semakin pesat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi perdesaan" tandasnya.

Selanjutnya, di tempat lain, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin menyampaikan apresiasinya kepada BUM Desa serta Pemerintah Desa Pejambon atas capaian yang telah diperoleh di tahun ini, ia berharap Desa tidak berpuas diri dan kedepannya semakin berkembang.

“Terimakasih kami ucapkan kepada segenap Tim Pengelola BUM Desa Sarana Mandiri dan tak lupa Kepala Desa beserta jajarannya, atas usaha yang maksimal dan kerja kerasnya mewakili Kabupaten Bojonegoro dalam Lomba BUM Desa tahun 2022” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa hal ini juga tak lepas dengan adanya program penguatan BUM Desa yang merupakan salah satu program prioritas Pemkab Bojonegoro yang telah berjalan mulai tahun 2019, sehingga Desa terus didorong untuk berinovasi dalam menumbuh kembangkan BUM Desa sebagai sumber ekonomi kerakyatan Desa.

Selanjutnya Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat Desa/Kelurahan DPMD Bojonegoro, Evie Octavia Marini yang hadir mendampingi Desa memberikan selamat dan apresiasi kepada Kepala Desa Pejambon beserta seluruhPengelola BUM Des Sarana Mandiri atas prestasi yang telah diraih oleh BUM Desa Pejambon mewakili Kabupaten Bojonegoro di tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Selamat dan sukses untuk BUM Desa Sarana Mandiri Pejambon yang kembali menorehkan prestasi di kancah Provinsi, semoga apresiasi dan penghargaan yang diberikan dapat menjadi cambuk semangat untuk lebih berinovasi dalam mengembangkan serta memajukan BUM Desa dan tentunya menjadi motivasi bagi BUM Desa lainnya di Kabupaten Bojonegoro agar selalu produktif" tuturnya.

Sementara itu, Ketua BUM Desa Sarana Mandiri, Andi Wimratani, mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan dukungan yang terus diberikan oleh semua pihak, sehingga BUM Desa Sarana Mandiri bisa mencapai hasil yang maksimal dalam perhelatan lomba BUM Desa Se-Jawa Timur Tahun 2022 ini.

"Terimakasih setinggi tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Dinas PMD Kab. Bojonegoro dan seluruh pihak yang mendukung serta membantu BUM Desa Sarana Mandiri Pejambon sampai di titik ini." ucapnya.

ia mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan dari BUM Desa Sarana Mandiri Pejambon sebagai Terbaik Harapan II, berkat dukungan dari Pemerintah Desa Pejambon secara maksimal serta pengurus BUM Desa yang tiada henti untuk berinovasi ditengah pandemi COVID-19 selama beberapa tahun ini.

"Melalui beberapa penilaian dan proses yang cukup panjang hasil yang tentunya bukan menjadi perioritas kami, tetapi selalu kita syukuri, kedepannya untuk BUM Desa di Kabupaten Bojonegoro untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam memajukan BUM Desa masing-masing" pungkasnya.


By Admin
Dibuat tanggal 18-08-2022
90 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %