SURABAYA – Tidak hanya prestasi lomba BUM Desa, prestasi di bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) Desa juga diraih oleh Desa Bobol Kecamatan Sekar dengan inovasi unggulannya yaitu "Rancang Bangun Mesin Pencacah Pakan Ternak Dual Fungsi" yang berhasil meraih Terbaik III Lomba Inovasi TTG Se Jawa Timur Tahun 2022 berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/472/KPTS/013/2022 Tentang Pemenang Inovasi Teknologi Tepat Guna Di Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Bertempat di Hotel Harris & Conventions Gubeng Surabaya, Penyerahan hadiah dan penghargaan diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur kepada Siswanto, Inovator TTG Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Bobol Kecamatan Sekar pada hari Senin (16/08/2022).

Kepala Dinas PMD Prov. Jatim, Soekaryo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah hadir serta memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada sumber daya manusia unggulan dari berbagai desa di provinsi Jawa Timur, yaitu perwakilan pemenang lomba besar tingkat Jawa Timur.

"Tahun 2022 merupakan tahun optimisme Jawa Timur untuk bangkit, membangun kembali sektorsektor yang terdampak pandemi covid-19. saatnya Jawa Timur bangkit dalam pemulihan ekonomi, pembangunan manusia, penyediaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan" ucapnya.

ia mengatakan bahwa capaian prestasi yang diraih oleh provinsi JawaTimur tentunya juga merupakan hasil kontribusi kinerja dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder, yaitu Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, Lembaga Ekonomi Desa, dan Masyarakat. Upaya pembinaan dan evaluasi kinerja, Pemprov Jatim telah melaksanakan serangkaian lomba, salah satunya yaitu lomba Inovasi TTG di Desa untuk mendorong kreativitas dan inovasi Desa.

“Lomba TTG bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi terkait teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat serta dapat menghasilkan teknologi yang berkualitas dan terbarukan” ucapnya.

Ia berharap teknologi tepat guna yang dihasilkan dari lomba ini dapat menunjang potensi desa untuk dapat berkembang dan diolah lebih efektif dan efisien.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin, menyampaikan apresiasinya kepada Posyantek Desa serta Pemerintah Desa Bobol atas capaian yang telah diperoleh tersebut, ia berharap Desa tidak berpuas diri dan kedepannya lebih inovatif dan kreatif lagi.

“Terimakasih kami ucapkan kepada segenap Tim Posyantek Desa Bobol dan tak lupa Kepala Desa beserta jajarannya, atas usaha yang maksimal dan kerja kerasnya mewakili Kabupaten Bojonegoro dalam Lomba Inovasi TTG tahun 2022” ujarnya.

Ia berharap prestasi ini dapat menjadi semangat dan motivasi bagi Desa lainnya untuk terus berinovasi menghasilkan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat Desa, khususnya dalam menunjang perekonomian Desa.

Selanjutnya, Siswanto selaku Inovator yang telah menggagas terciptanya inovasi TTG "Rancang Bangun Mesin Pencacah Pakan Ternak Dual Fungsi" Desa Bobol mengungkapkan rasa syukurnya atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan oleh Pemprov Jawa Timur.

“Syukur alhamdulillah, terima kasih saya ucapkan kepada Pemprov Jatim, Pemkab Bojonegoro dan tak lupa Pemerintah Desa Bobol yang telah mendukung secara maksimal sehingga Desa Bobol berhasil meraih prestasi ini” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bobol, Saimo menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan prestasi yang membanggakan khususnya bagi masyarakat Desa Bobol meskipun belum berhasil meraih juara terbaik pertama, akan tetapi mesin pencacah dual fungsi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, semoga kedepannya Desa Bobol dapat menorehkan prestasi yang lebih baik lagi serta memotivasi Desa lainnya untuk terus menciptakan teknologi tepat guna yang terbarukan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” pungkasnya.


By Admin
Dibuat tanggal 18-08-2022
70 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %