Sobat Desa, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan Pengurus Posyantek Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bojonegoro menggelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis Pengurus Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021.

Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Mengapa Teknologi Tepat Guna (TTG) di Desa harus dikembangkan?

Teknologi Tepat Guna di Desa akan memberikan manfaat yang besar ketika sesuai dengan mata pencaharian sebagian besar masyarakat Desa, karena TTG hadir untuk memecahkan persoalan yang tengah dialami oleh Masyarakat.

Adanya Posyantek Desa yang merupakan lembaga pelayanan TTG yang berkedudukan di Desa/Kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis TTG menjadi sangat penting.

Sebagaimana disampaikan oleh M. Fatkur Rochman (Tenaga Ahli P3MD Kemendes PDTT) selaku Pemateri pada acara Pembinaan dan Bimtek Pengurus Posyantek Desa (04/10), Posyantek Desa dibentuk tidak lain adalah untuk mempercepat pemanfaatan TTG oleh masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Dinas PMD Bpk. Machmuddin, AP, MM. dalam sambutannya menyatakan bahwa pembentukan Posyantek di masing² Desa/Kecamatan adalah dalam rangka percepatan pembangunan guna mendorong Desa menjadi Mandiri, tidak hanya dari segi kuantitas akan tetapi juga dalam meningkatkan kualitas IDM di Kabupaten Bojonegoro, sehingga dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut maka dilaksanakanlah Bimtek bagi Pengurus Posyantek Desa di Kabupaten Bojonegoro ini.

Dalam kegiatan ini, turut hadir pula Pemateri dari Fakultas Teknik Universitas Bojonegoro, yang menerangkan sekaligus mempraktekkan secara langsung TTG Alat Pengeringan Padi/Gabah dan Pembuatan TTG Alat Pencabut Rumput pada Tanaman Padi (Alat Matun)

#SemangatMembangunDesa
#TeknologiTepatGunaDesa
#PosyantekDesa #TTG
#BojonegoroProduktif


By Admin
Dibuat tanggal 06-10-2021
1116 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %