Sobat Desa, Sumber Daya Alam di Desa yang sangat melimpah dapat dimanfaatkan dan dikelola sebagai Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), hal ini merupakan salah satu langkah untuk memajukan Desa.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, komitmen serta kapasitas para pelaku pengelola Potensi Desa, Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro menggelar Workshop Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Desa Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021, bertempat di Aula Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (09/11/2021). Kegiatan ini diikuti oleh Kasi. PMD Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, dan beberapa Kepala Desa serta Perwakilan Kelompok Pengelola Potensi Desa.

M. Fatkur Rochman (TAPM P3MD Kab. Bojonegoro) selaku Narasumber menjelaskan bahwa pemanfaatan sumber daya alam di Desa melalui Prudes dan Prukades dapat memberikan manfaat antara lain :  

  1. Meningkatkan pendapatan masyarakat desa;
  2. Meningkatkan pendapatan asli desa (PADes);
  3. Meningkatkan PDRB Kabupaten; dan
  4. Meningkatkan pendapatan perusahaan mitra.

Disampaikan juga bahwa pengelolaan Prudes dan Prukades ini dapat didukung dengan Anggaran Dana Desa yaitu dalam rangka pemulihan ekonomi di Desa akibat dampak Pandemi yang merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Selain itu, Dinas PMD juga menghadirkan Narasumber dari Para Pelaku Prudes dan Prukades yang telah berhasil mengembangkan Prudes dan Prukades di wilayahnya, yaitu Bapak Maryanto, S.Pd. MM selaku Pengurus Kelompok Ternak Kedung Gondang Desa Jono Temayang dan Bapak Drs. Moh. Saipurrohim, MM selaku Ketua Kelompok Budidaya Jambu Air Citra Arum Desa Sumberarum Kec. Ngraho, agar dapat mempresantasikan secara langsung bagaimana proses pengembangan prudes dan prukades dari awal hingga berhasil seperti saat ini.

Sejalan dengan itu, M. Imam Affan T., S.STP., M.H. selaku Kabid. Pembangunan dan Kerjasama Desa/Kelurahan dan Teknologi Tepat Guna Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro menyampaikan dalam sambutan penutup Workshop, bahwa yang terpenting setelah adanya Workshop tersebut adalah tindak lanjut, sehingga diharapkan ilmu yang telah didapatkan mampu diterapkan serta diajarkan kepada pengelola potensi desa lainnya, sehingga akan nampak hasilnya di lapangan.

 #BojonegoroProduktif #Prudes #Prukades 


By Admin
Dibuat tanggal 10-11-2021
79 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
0 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %