dinpmd.bojonegorokab.go.id – Dalam rangka meningkatkan serta mendorong kreatifitas dan inovasi masyarakat khususnya di dunia pendidikan dalam menciptakan karya inovasi teknologi yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat sebagai Teknologi Tepat Guna (TTG), Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Gelar Inovasi Cipta Teknogi Tepat Guna (TTG) Tingkat SMA/SMK Sederajat, Posyantek Desa dan Kelompok Masyarakat Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021, Selasa (30/11/2021).

Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) SMPN Model Terpadu Bojonegoro, acara dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Drs. Muridan, MM. dan dihadiri oleh Tim Penilai yang terdiri dari perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Perguruan Tinggi dan Tenaga Ahli Pemberdayaan MAsyarakat Desa P3MD Kabupaten Bojonegoro. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten Bojonegoro, Kepala SMA/SMK Sederajat, Kasi PMD Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, Pengurus Posyantek Desa/Kelompok Masyarakat dan Siswa-Siswi SMA/SMK Sederajat selaku peserta yang mengikuti Gelar Inovasi Cipta TTG beserta guru pendamping.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas PMD, Drs. Muridan, MM. menyampaikan bahwa Teknologi Tepat Guna (TTG) memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi. Penguasaan TTG oleh masyarakat adalah bagian dari upaya menjadikan teknologi sebagai alat untuk memberdayakan masyarakat melalui pendayagunaan TTG yang sederhana, murah dan mudah untuk diterapkan serta mampu meningkatkan produktifitas dari usaha masyarakat. 

"Upaya penyelenggaraan dalam memberdayakan masyarakat salah satunya direalisasikan melalui gelar cipta inovasi TTG yang ciri-cirinya adalah : penguatan kelembagaan, penumbuhan keswadayaan masyarakat yang fokus sentral kegiatannya adalah menumbuh kembangkan inovasi dan prakarsa masyarakat  dan dunia pendidikan khususnya tingkat SLTA dalam memanfaatkan dan melestarikan lingkungan dengan memadukan pemanfaatan TTG." tuturnya.

Selain itu, Titik Moedjayanti selaku perwakilan Tim Penilai dari kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro dalam sambutannya memberikan apresiasi yang besar kepada Pemkab Bojonegoro atas terselenggarakannya Gelar Inovasi Cipta TTG yang dapat memacu semangat siswa-siswi SMA/SMK dalam berkarya menghasilkan inovasi yang dapat bermanfaat di masyarakat. ia berharap tahun berikutnya kegiatan ini akan terselenggara kembali dan diikuti oleh lebih banyak peserta, mengingat pelajaran sekolah tidak hanya di kelas tapi juga praktek secara nyata.

"Kegiatan ini selaras dengan tujuan pendidikan, tidak hanya belajar di kelas tapi juga belajar secara praktek/nyata" pungkasnya.

 


By Admin
Dibuat tanggal 02-12-2021
276 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %